SURVEY MAWAS DIRI (SMD) PENGGALIAN MASALAH KESEHATAN MASYARAKAT DI DESA PAPAHAN

PAPAHAN – Kegiatan yang difasilitasi oleh Puskesmas Kecamatan merupakan kegiatan untuk menggali permasalahan tentang kesehatan masyarakat. Kegiatan yang sering disebut Survey Mawas Diri (SMD) bertujuan agar masyarakat mengenal, mengumpulkan data, mengkaji masalah kesehatan yang ada di desa dalam rangka menyiapkan desa siaga. Sehingga timbul kesadaran masyarakat untuk mengetahui masalah kesehatan dan potensi yang ada didesanya yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan kesehatan.

SMD dilaksanakan di Aula Kantor Desa Papahan (20/10/2022) Acara yang dibuka oleh Kasi Kesejahteraan yang mewakili Kepala Desa Papahan dan dilanjutkan pemaparan tujuan dan output dari kegiatan SMD oleh perwakilian dari Puskesmas Kecamatan.

Dalam sesi eklporasi permasalahan kesehatan desa banyak muncul permasalahan yang diutarakan oleh ibu-ibu kader Kesehatan. Salah satunnya yaitu permasalahan stunting, gizi buruk dan berat bayi berkurang.

“Setelah eklporasi permasalahan kesehatan masyarakat di dusun, maka setelahnya akan dianalisis dan disimpulkan ke forum Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) yang nantinya akan diusulkan kedalam pembahasan Musrenbangdes tahun berikutnya”, menurut penuturan dari ketua DS3 Teguh Dwi Jayanto.

Dengan adanya SMD tersebut diharapkan masyarakat bisa berperanaktif dalam melaksanakan kegiatan kesehatan masyarakat sehingga masarakat bisa hidup sehat dan sejahtera.

Leave a Reply

Your email address will not be published.