PELATIHAN BUDIDAYA PERIKANAN KOLAM BUNDAR WUJUD PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI BIDANG PERIKANAN DAN KELAUTAN

Papahan – Pelatihan Budidaya Perikanan Kolam Bundar dilaksanakan di Aula Kantor Desa Papahan pada hari Selasa tanggal 15 November 2022. Peserta pelatihan yaitu masyarakat Desa Papahan yang gemar dan hobi di bidang perikanan.

Dalam pelatihan yang dibagi menjadi empat kelompok setiap kelompok terdiri dari 4 anggota sangat antusias ketika narasumber memberikan penjelasan dalam teknik budidaya ikan kolam bundar.

Seperti yang disampaikan oleh Ibu Ratih dan Bapak Suparmin , Sp selaku Narasumber bahwa budidaya ikan kolam bundar khususnya lele harus membutuhkan kesabaran dan ketelatenan.

Pelatihan tersebut dibuka oleh bapak Tri Sadono, SE Kepala Desa Papahan beliua mengatakan bahwa pelatihan ini merupakan wujud dari kepedulian Pemerintah Desa Papahan tetang pemberdayaan masyarakat, agar masyarakat tersebut mempunyai penghasilan tambah dengan adanya budidaya atau memelihara ikan kolam bundar.

Selain itu Pemerintah juga memberikan hibah berupa 1 set kulam bundar, pakan lele , bibit ikan lele kepada 4 kelompok yang hadir dalam pelatihan tersebut. Pelatihan yang bersumber dari Dana Desa Tahung Anggara 2022  ditutup oleh Ketua LPMD Desa Papahan dan beliau berpesan kepada kelompok yang mendapatkan hibah tetap menjaga keberlangsungan dalam memelihara ikan kolam bundar. TG

PENYERAHAN BANTUAL LANGSUNG TUNAI (BLT) DANA DESA BULAN KE 10 DAN 11

Papahan – Hari Rabu (9/11/22) merupakan hari baik bagi warga yang menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT ) Dana Desa . Warga yang sudah berkumpul mulai jam 08.00 WIB di aula Kantor Desa Papahan satu persatu menandatangani daftar hadir dan sekaligus menerima BLT Dana Desa Bulan Ke 10 dan 11. Dana BLT yang diterima oleh warga yang menerima yaitu total sejumlah 600 ribu. Jumlah Warga yang menerima BLT Dana Desa yaitu 99 warga.

Dalam acara pembagian BLT Dana Desa tersebut turut hadir Babinsa Desa Papahan untuk menjaga keamanan jika terjadi tindakan yang tidak diinginkan. Selain itu pembagian BLT Dana Desa tersebut dimonitoring oleh Ibu Utik selaku Kasi PMD Kecamatan Tasikmadu.

PKD DESA PAPAHAN MEWAKILI KECAMATAN TASIKMADU MENGIKUTI LOMBA PELAYANAN KESEHATAN TINGKAT KABUPATEN KARANGANYAR

PAPAHAN – Dalam rangka peningkatan mutu pelayanan kesehatan di PKD masing-masing Desa maka Dinas Kesehatan Kabupaten Karanganyar mengadakan pemilihan pengelola PKD terbaik.

Dalam kegiatan tersebut Puskesmas Tasikmadu menunjuk PKD Desa Papahan untuk mewakili Kecamatan Tasikmadu mengikuti Lomba Pelayanan Kesehatan PKD Tingkat Kabupaten Karanganyar.

Penilaian langsung dilakukan  oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Karanganyar pada hari Sabtu (5/11/22) di PKD Desa Papahan. Dalam acara penilaian tersebut juga mengundang Pemerintah Papahan yang diwakili oleh Sekdes Desa Papahan dan BPD yang diwakili oleh Bapak Ir. Catur Lukito. Dan Ketua DS3 Desa Papahan Teguh Dwi Jayanto.

Aspek yang dinilai yaitu kebersihan, kerapian , adminstrasi, data dinding , p[enataan ruang, kemanfaatan PKD dan penghijauan. Dalam kesempatan tersebut Dinas Kesehatan Kabupaten Karanganyar yang diwakili oleh Ibu Etik mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuann untuk meningkatan pelayan PKD kepada warga yang menginginkan untuk berobat atau memeriksakan kesehatan di PKD Desa. Pelaksanaan Lomba Pelayanan Kesehatan PKD Tingkat Kabupaten Karanganyar tersebut diikuti oleh seluruh PKD Desa yang mewakili Kecamatan di Wilayah Kabupaten Karanganyar. Sedangkan untuk pengumuman hasil pemenang kegiatan Lomba Pelayanan Kesehatan PKD Tingkat Kabupaten Karanganyar akan diumumkan pada tanggal 12 November 2022 yang bertepatan dengan Hari Kesehatan Nasional.

KAPOLRES KARANGANYAR MEMBERIKAN BANTUAL SOSIAL KEPADA WARGA

PAPAHAN – Kapolres Karanganyar pada hari Jumat (4/11/22) memberikan bantuan sosial kepada warga yang sedang sakit karena kecelakaan. Warga yang diberi bantuan sosial tersebut bernama Ibu Sri Wahyuni yang bertempat tinggal di Kalongan Wetan RT 02 RW 17.

Kegiatan Jumat berkah tersebut merupakan kepedulian dari Polres Karanganyar kepada warga yang sedang membutuhkan bantual sosial. Dalam Kegiatan tersebut Bapak Kapolres memberikan satu unit kursi roda dan beberapa peralatan keseharian dari warga yang membutuhkan.

MEMPERINGATI HARI SUMPAH PEMUDA KE 94 TAHUN : KARANG TARUNA DESA PAPAHAN MENGADAKAN KEGIATAN JALAN  SEHAT

PAPAHAN – Acara Jalan Sehat yang dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 30 Oktober 2022 merupakan puncak acara dari  Agenda kegiatan Karang Taruna Desa Papahan  Duta Darma Manunggal dalam memperingati hari Sumpah Pemuda ke 94 Tahun.
Sebelumnya Karang Taruna Duta Darma Manunggal melaksakan agenda kegiatan Lomba Tenis Meja tingkat desa. Dalam lomba etersebut memperebutkan juara singgel dan juara double.
Sebagai puncaknya yaitu Karang Taruna melaksanakan acara Jalan Sehat di lapangan Desa Papahan. Acara yang dikuti oleh ratusan warga dan dihadiri oleh Perangkat Desa Papahan dan Forkompica tersebut turut mengundang Bupati Karanganyar Drs. H. Juliyatmono, MM. Beliu diberi kesempatan untuk memberikan sambutan dan pengarahan kepada seluruh warga yang hadir dalam acara Jalan Sehat Tersebut.
Dalam sambutannya beliau menegaskan untuk selalu menjaga kesehatan, lebih lebih setelah covid 19 ini. Selaian itu beliau juga memberikan dorongan semangat kepada warga masyarakat agar terus bangkit walaupun dalam keadaan susah.
Sementara itu acara Jalan Sehat tersebut terdapat banyak sekali undian yaitu kulkas,sepeda , 1 ekor kambing dan banyak sekali hadiah dorprice yang menarik.
Acara yang dihibur oleh Organ Tunggal Joko Kancil tersebut sangat menghibur warga masyarakat yang berpanas-panasan untuk menunggu hadiah utama yang diundi pada akhir acara.