GERAKAN MENANAM KERJASAMA PEMERINTAH DESA PAPAHAN DENGAN BRI UNIT PAPAHAN

PAPAHAN – Agenda kegiatan yang bertajuk “BRI Menanam” merupakan kerjasama antara Pemerintah desa Papahan dan BRI unit Papahan. Kegiatan tersebut berlokasi di sebelah selatan Kandang Komunal Desa Papahan (28/10/2022).
Kegiatan tersebut dihadiri oleh seluruh  Perangkat Desa Papahan, Pimpinan BPD dan Kepala Unit BRI Papahan. Pohon yang ditanam dalam kegiatan BRI Menanam tersebut yaitu bibit pohon mangga sebanyak 50 bibit.
Acara yang dilaksanakan bertepatan dengan hari Sumpah Pemuda tersebut dibukan oleh sambutan dari Kepala Desa Papahan. Dalam sambutannya beliu mengucapkan terima kasih kepada BRI Unit Papahan yang telah berkerjasama dengan Pemerintahan Desa Papahan dengan memberikan bantuan bibit pohon mangga. Selain itu beliau juga berpesan kepada seluruh Perangkat Desa Papahan dan warga masyarakat agar merawat bibit pohon mangga tersebut hingga besar dan dapat menghasilkan nilai ekonomi yang lebih besar untuk kesejahteraan warga masyarakat sekitar.
BRI menanam merupakan hasil dari kegiatan Lomba Desa Brilian yang diikuti oleh Desa Papahan pada tahun 2021. Dalam sambutannya Kepala BRI Unit Papahan mengharapkan partisipasi seluruh warga masyarakat untuk selalu menyimpan dananya di BRI Unit Papahan.
Harapananya dengan bertepatan Hari Sumpah Pemuda kegiatan tersebut menjadi sejarah bagi Desa Papahan dalam kegiatan menanam dan lingkungan hidup.

ANTUSIAS WARGA MENGHADIRI LAUNCHING POSBINDU PTM NGUDI SEHAT

Launching Posbindu PTM Ngudi sehat di Dusun Pandes Desa Papahan dilaksanakan pada hari Selasa (25/10/2022) dihalaman  rumah bapak Kadus Dusun Pandes. Launching Posbindu PTM tersebut merupakan Posbindu yang ketiga setelah Posbindu di Dusun Kodokan dan Posbindu di Dusun Kalongan Wetan.

Acara Launching yang dihadiri oleh Pemerintah Desa Papahan , BPD dan RT RW di dusun Pandes tersebut dibuka oleh sambutan Bapak Rizki Prasetyo selaku Kepala Dusun Pandes dan Dilanjutkan oleh sambutan Bapak Kepala Desa Papahan.

Dalam sambutannya bahwa Pemerintah Desa Papahan menyambut baik dan selalu mendukung kegiatan di bidang kesehatan, serta mengharapkan untuk semua warga bisa memeriksakan kesehatan di Posbindu yang saat ini di buka.

Posbindu PTM merupakan peran serta masyarakat dalam melakukan kegiatan deteksi dini dan pemantauan faktor risiko PTM Utama yang dilaksanakan secara terpadu, rutin, dan periodik. Tujuan Posbindu PTM adalah meningkatkan peran serta masyarakat dalam pencegahan dan penemuan dini faktor risiko PTM. Melalui Posbindu PTM, dapat sesegeranya dilakukan pencegahan faktor risiko PTM sehingga kejadian PTM di masyarakat dapat ditekan. Sasaran utama adalah kelompok masyarakat sehat, berisiko dan penyandang PTM berusia 15 tahun ke atas.

Warga Dusun Pandes saat itu yang hadir untuk memeriksakan kesehatannya yaitu berdasarkan dari daftar hadir ada 61 warga. Untuk pemeriksaan warga tersebut bermacam-macam ada yang memeriksakan gula darah, kolesterol, asah urat dan ada juga yang hanya untuk mengecek tensi darah. Di akhir acara tersebut Bidan Wilayah Desa Papahan memberikan motivasi kepada warga yang memeriksakan kesehatan di Posbindu Ngudi Sehat. Denga harapan bahwa warga yang hadir di Posbindu Ngudi Sehat yang akan dilaksanakan setiap tanggal 19 akan bertambah banyak.

Ekonomi Desa Papahan

1).  Pertanian
Komoditi sektor pertanian yang berupa Tanaman Pangan Padi, dan ini merupakan usaha produktif masyarakat, dan  memberikan sumber pendapatan pemiliknya dan masyarakat desa pada umumnya.
 
Produksi rata-rata setiap  tahun  7  ton/ha dengan harga per kg Rp 4.500,00, usaha pertanian padi ini setidak-tidaknya  membantu perekonomian yang berkelanjutan disamping usaha lainnya.
Pemasaran hasil Pertanian tidaklah menjadi kesulitan mengingat bahwa kebutuhan pasar lokal  menjanjikan disamping diluar desa/kota.
 
2). Perkebunan.
        Komoditi sektor perkebunan yang berupa Tanaman Tebu, dan ini merupakan usaha produktip masyarakat, namun  jumlah areanya tidak begitu luas sekitar  12 ha dan pemiliknya hanya 2 orang.
 
3). Peternakan.
Sektor peternakan dengan beberapa jenis populasi ternak semisal Sapi, Ayam, Bebek, Kambing dan lain-lainnya, menjadi   komoditi unggulan desa, dan kondisi lingkungan sangat mendukung prospek  kedepan desa  maupun  pemiliknya, secara terperinci dapat  kami  sampaikan sebagai berikut :
 
4). Perikanan.
Sektor Perikanan merupakan kegiatan sampingan yang  dimiliki oleh Rumah Tangga baik berupa empang/kolam/karamba   maupun pemeliharaan bentuk kolom, tingkat kepentingan usaha perikanan ini  sebagai konsumsi  keluarga  maupun   dijual sebagai tambahan penghasilan, latar belakang usaha ini  adalah  memanfaatkan tanah dan lingkungan sekitar rumah kosong dan memanfaatkan waktu luang.
 

5). Industri
Sektor industri yang dimaksudkan adalah Industri Rumah tangga dengan  berbagai  jenis  kegiatan yang dikelola oleh Ibu Rumah Tangga (IRT) dan /atau Kelompok dan usaha ini telah  berkembang sejak dahulu dan membudaya dimasyarakat, hal ini didukung kebutuhan pasar  cukup menjajikan.
 
6). Pertumbuhan  Ekonomi
Sesuai dengan kondisi desa yang merupakan  daerah agraris maka struktur ekonominya lebih dominan kepada Sektor Pertanian dan/atau peternakan, disamping sektor – sektor lainnya baik berupa jasa industri, perkebunan, peternakan, pertukangan dan lain-lainnya. Tingkat Pertumbuhan sektor lainya diluar sektor unggulan /dominan , sangat  memungkinkan berkembang   apabila adanya peratian yang lebih dari pemerintah dengan membuka jalur  pemasaran serta pembinaan dan bantuan permodalan.

SURVEY MAWAS DIRI (SMD) PENGGALIAN MASALAH KESEHATAN MASYARAKAT DI DESA PAPAHAN

PAPAHAN – Kegiatan yang difasilitasi oleh Puskesmas Kecamatan merupakan kegiatan untuk menggali permasalahan tentang kesehatan masyarakat. Kegiatan yang sering disebut Survey Mawas Diri (SMD) bertujuan agar masyarakat mengenal, mengumpulkan data, mengkaji masalah kesehatan yang ada di desa dalam rangka menyiapkan desa siaga. Sehingga timbul kesadaran masyarakat untuk mengetahui masalah kesehatan dan potensi yang ada didesanya yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan kesehatan.

SMD dilaksanakan di Aula Kantor Desa Papahan (20/10/2022) Acara yang dibuka oleh Kasi Kesejahteraan yang mewakili Kepala Desa Papahan dan dilanjutkan pemaparan tujuan dan output dari kegiatan SMD oleh perwakilian dari Puskesmas Kecamatan.

Dalam sesi eklporasi permasalahan kesehatan desa banyak muncul permasalahan yang diutarakan oleh ibu-ibu kader Kesehatan. Salah satunnya yaitu permasalahan stunting, gizi buruk dan berat bayi berkurang.

“Setelah eklporasi permasalahan kesehatan masyarakat di dusun, maka setelahnya akan dianalisis dan disimpulkan ke forum Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) yang nantinya akan diusulkan kedalam pembahasan Musrenbangdes tahun berikutnya”, menurut penuturan dari ketua DS3 Teguh Dwi Jayanto.

Dengan adanya SMD tersebut diharapkan masyarakat bisa berperanaktif dalam melaksanakan kegiatan kesehatan masyarakat sehingga masarakat bisa hidup sehat dan sejahtera.

KOORDINASI POSBINDU PTM : PEMERINTAHAN DESA PAPAHAN SIAP LAUNCHING 1 LAGI POSBINDU PTM

PAPAHAN – Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 18 Oktober 2022 bertempat di Aula Kantor Desa Papahan yang dihadiri oleh Sekretaris Desa Papahan, Bidan Wilayah Desa Papahan dan Kader Posbindu Desa Papahan membahas tentang perkembangan Posbindu PTM di Desa Papahan.

Posbindu PTM merupakan peran serta masyarakat dalam melakukan kegiatan deteksi dini dan pemantauan faktor risiko PTM Utama yang dilaksanakan secara terpadu, rutin, dan periodik. Tujuan Posbindu PTM adalah meningkatkan peran serta masyarakat dalam pencegahan dan penemuan dini faktor risiko PTM. Melalui Posbindu PTM, dapat sesegeranya dilakukan pencegahan faktor risiko PTM sehingga kejadian PTM di masyarakat dapat ditekan. Sasaran utama adalah kelompok masyarakat sehat, berisiko dan penyandang PTM berusia 15 tahun ke atas.

Senada dengan hal tersebut maka Pemerintah Desa Papahan mengundang seluruh Kader Posbindu PTM Desa Papahan. Pada pertemuan tersebut membahas tentang perkembangan Posbindu PTM yang sudah terbentuk di Dusun Kodokan dan Dusun Kalongan Wetan. Yang sebelumnya target terbentuknya Posbindu PTM ada 6 Posbindu PTM tetapi pada pertemuan tersebut di sepakati hanya 3 Posbindu PTM. Pada tahun 2022 ini terbentuk Posbindu PTM di Dusun Pandes.

Pertemuan Kader Posbindu PTM tersebut dibuka oleh Sekretaris Desa Papahan, dalam sambutan dan pengarahanya bahwa pada dasarnya Pemerintah Desa Papahan sangat mendukung kegiatan di Bidang Kesehatan khususnya kegiatan Posbindu PTM.

Pada tahun 2022 ini anggaran untuk kegiatan Posbindu PTM yaitu 7.500.000 yang bersumber dari Dana Desa.  Anggaran tersebut digunakan untuk operasional dari 3 Posbindu PTM yang terbentuk dan untuk honor Kader Posbindu. Sedangkan untuk tahun 2023 Pemerintah Desa Papahan masih menganggarkan untuk kegiatan Posbindu PTM yang diambilkan dari Anggaran Dana Desa Tahun Anggaran 2023.

Dengan adanya dukungan dari Pemerintah Desa Papahan bahwa Posbindu yang sudah terbentuk tersebut semakin banyak warga yang memeriksakan dan cek kesehatan di Posbindu PTM. Sehingga kondisi Kesehatan warga masyarakat bisa terpantau dengan adanya kegiatan tersebut.

Demografi Desa Papahan

GAMBARAN UMUM DEMOGRAFI

Dalam pelaksanaan pembangunan jumlah penduduk dapat sebagai penentu arah kebijakan kegiatan desa, mengingat bahwa  aset desa ini  memiliki peran ganda sebagai subyek  maupun obyek kegiatan. Struktur Penduduk berdasarkan Kelompok Umur,  Jenis Kelamin dan Penyebaran pada Wilayah sebagai berikut :

1.             UMUR  :

NOKELOMPOK UMURJumlaj Jiwa
123
1.0 – 15 tahun1.632
2.16 –  65 tahun5.511
3.65 keatas558

2.             JUMLAH  :

Jumlah Jiwa                       :   7.701 orang.
Jumlah Laki-laki                :    3.824 orang. 
Jumlah Perempuan             :    3.877 orang.
Jumlah Kepala Keluarga    :    2.500 KK

3.             PENDIDIKAN

Tingkat pendidikan masyarakat dari tahun ke tahun terus berkembang kejenjang lebih tinggi, dengan hasil Capaian dalam tahun 2021, yang lulus dari jenjang tingkatan pendidikan sebagai berikut :

Pendidikan Terakhir :

SD/MIsederajat                     =  717 orang. 
SLTP/MTS/Sedarajat            =  1.143 orang. 
SLTA/SMK/MA/Sedarajat    =  2099 orang.
D I–DIII                             =      355 orang
SI/DIV                              =      773orang
S II – S III                             =        81 orang

4.             JENIS PEKERJAAN 

PNS                                 :    344
TNI/POLRI                     :      39
Karyawan Swasta            :    2858 
Wiraswasta/Pedagang      :    404
Tani                                  :    72
Buruh Tani                       :    60 
Pertukangan                     :    3
Angkutan                         :        – 
Jasa                                  :      13 
Lainnya                            :        – 

Kondisi Geografis Desa Papahan

Desa Papahan Kecamatan Tasikmadu Kabupaten Karanganyar secara geografis terletak di 110º 48΄ 55,12″ BT dan terletak di 7º 02΄ 27,52″ LS. Secara topografi Desa Papahan termasuk dalam kategori Daerah dataran rendah dengan ketinggian ±50 meter dari permukaan laut (mdpl).

Adapun batas-batas wilayah Desa Papahan Kecamatan Tasikmadu Kabupaten Karanganyar adalah sebagai berikut, sebagaimana disajikan pada Gambar 2.1 berikut ini :

a. Sebelah Utara          : Desa Ngijo, Kec. Tasikmadu

b. Sebelah Timur         : Kelurahan Cangakan, Kec. Karanganyar

c. Sebelah Selatan       : Kelurahan Cangakan, Kec. Karanganyar dan Desa Jati, Kec. Jaten

d. Sebelah Barat          : Desa Jaten, Kec. Jaten danDesa Buran Kec. Tasikmadu

Luas Wilayah

Adapun luas wilayah Desa Papahan adalah 339,905 Ha yang terdiri dari :

a. Tanah sawah : 238,182 Ha

b. Tanah bukan sawah : 101,723 Ha

a. Tanah sawah seluas 238,182 Ha terdiri dari :

1) Irigasi Teknis : 58,879 Ha

2) Irigasi setengah Teknis : 78,303 Ha

3) Tadah Hujan :101,000 Ha

b. Tanah bukan sawah seluas 101,723 Ha terdiri dari :

1) Pekarangan/bangunan : 63,490 Ha

2) Tegalan : 35,000 Ha

3) Lain-lain (sungai,jalan,makam,dll) : 3,233 Ha

Gambaran Umum Desa Papahan

Desa Papahan merupakan salah satu dari 10 Desa yang berada diwilayah Kecamatan Tasikmadu Kabupaten Karanganyar Propinsi Jawa Tengah yang berpenduduk 7.701 jiwa  (Tahun 2021) dengan Luas Wilayah Desa : 229.3547 ha. Dengan alamat Sekretariat Desa di Jl. Ahmad Yani No.167 Papahan Tasikmadu, Kode Pos 57761

Ditinjau dari jumlah penduduk yang cukup besar dan luas wilayah yang kuat tersebut maka Desa Papahan merupakan Desa yang sangat potensial dalam mendukung pelaksanaan pembangunan di wilayah Kecamatan Tasikmadu. Dan juga letak sangat strategis yaitu 1 Km dari Kantor Kecamatan dan 2 Km dari kantor Kabupaten Karanganyar. Maka tidak salah kiranya jika Desa Papahan nantinya dipakai sebagai barometer dari desa-desa lainnya dan perlu diingat bahwa desa Papahan adalah daerah yang sebagian besar tanahnya adalah sawah (agraris) yang subur maka Papahan termasuk penyanggah padi (pangan) untuk kabupaten Karanganyar.

Papahan
 adalah desa di kecamatan Tasikmadu, Karanganyar, Jawa Tengah, Indonesia.

Papahan terdiri dari 6 dusun, yaitu :

Kodokan, Papahan, Ngablak, Pandes, Kalongan Kulon, dan Kalongan Wetan.

Kepala Desa Papahan saat ini  yaitu Bapak Tri Sadono S.E periode tahun 2019 – 2025.

Adapun kepala desa yang menjabat sebelum Bapak Tri Sadono, SE adalah :

Bapak M. Sukiyono, SE menjabat dari tahun 2007 – 2019

Bapak B. Handiyatno menjabat dari tahun 1991 – 2007

Bapak H. Soewarno menjabat dari tahun 1975 – 1991

Bapak Suwito menjabat dari tahun 1966 – 1975

Bapak Cipto Wardoyo menjabat dari tahun 1963 – 1966 Bapak Sukir menjabat pada tahun 1960 – 1963

Perangkat Desa Papahan

NAMA  JABATANFOTO
Tri Sadono, SEKepala DesaText Box:           
Uun Santoso , SMSekretaris DesaText Box:         
Sularno, AMdKaur TU dan UmumText Box:         
Burhan Arifin, SEKaur PerencanaanText Box:         
Rohman Adi Nugroho, SEKaur Keuangan        
Teguh Dwi Jayanto, SPKasi KesejahteraanText Box:         
GiyatnoKasi PemerintahanText Box:  

       
Edy YusufKasi PelayananText Box:  

       
Kadang Prasetyo, AMdKadus KodokanText Box:  

       
DaryantoKadus PapahanText Box:  

       
Moch. Gandhi, S.SosKadus NgablakText Box:  

       
Rizky Prasetyo, S.ARstKadus Pandes     
Banon SanyotoKadus Kalongan KulonText Box:  

       
Ahmad NugrohoKadus Kalongan WetanText Box: