PELATIHAN BUDIDAYA PERIKANAN KOLAM BUNDAR WUJUD PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI BIDANG PERIKANAN DAN KELAUTAN

Papahan – Pelatihan Budidaya Perikanan Kolam Bundar dilaksanakan di Aula Kantor Desa Papahan pada hari Selasa tanggal 15 November 2022. Peserta pelatihan yaitu masyarakat Desa Papahan yang gemar dan hobi di bidang perikanan.

Dalam pelatihan yang dibagi menjadi empat kelompok setiap kelompok terdiri dari 4 anggota sangat antusias ketika narasumber memberikan penjelasan dalam teknik budidaya ikan kolam bundar.

Seperti yang disampaikan oleh Ibu Ratih dan Bapak Suparmin , Sp selaku Narasumber bahwa budidaya ikan kolam bundar khususnya lele harus membutuhkan kesabaran dan ketelatenan.

Pelatihan tersebut dibuka oleh bapak Tri Sadono, SE Kepala Desa Papahan beliua mengatakan bahwa pelatihan ini merupakan wujud dari kepedulian Pemerintah Desa Papahan tetang pemberdayaan masyarakat, agar masyarakat tersebut mempunyai penghasilan tambah dengan adanya budidaya atau memelihara ikan kolam bundar.

Selain itu Pemerintah juga memberikan hibah berupa 1 set kulam bundar, pakan lele , bibit ikan lele kepada 4 kelompok yang hadir dalam pelatihan tersebut. Pelatihan yang bersumber dari Dana Desa Tahung Anggara 2022  ditutup oleh Ketua LPMD Desa Papahan dan beliau berpesan kepada kelompok yang mendapatkan hibah tetap menjaga keberlangsungan dalam memelihara ikan kolam bundar. TG

PENYERAHAN BANTUAL LANGSUNG TUNAI (BLT) DANA DESA BULAN KE 10 DAN 11

Papahan – Hari Rabu (9/11/22) merupakan hari baik bagi warga yang menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT ) Dana Desa . Warga yang sudah berkumpul mulai jam 08.00 WIB di aula Kantor Desa Papahan satu persatu menandatangani daftar hadir dan sekaligus menerima BLT Dana Desa Bulan Ke 10 dan 11. Dana BLT yang diterima oleh warga yang menerima yaitu total sejumlah 600 ribu. Jumlah Warga yang menerima BLT Dana Desa yaitu 99 warga.

Dalam acara pembagian BLT Dana Desa tersebut turut hadir Babinsa Desa Papahan untuk menjaga keamanan jika terjadi tindakan yang tidak diinginkan. Selain itu pembagian BLT Dana Desa tersebut dimonitoring oleh Ibu Utik selaku Kasi PMD Kecamatan Tasikmadu.

GERAKAN MENANAM KERJASAMA PEMERINTAH DESA PAPAHAN DENGAN BRI UNIT PAPAHAN

PAPAHAN – Agenda kegiatan yang bertajuk “BRI Menanam” merupakan kerjasama antara Pemerintah desa Papahan dan BRI unit Papahan. Kegiatan tersebut berlokasi di sebelah selatan Kandang Komunal Desa Papahan (28/10/2022).
Kegiatan tersebut dihadiri oleh seluruh  Perangkat Desa Papahan, Pimpinan BPD dan Kepala Unit BRI Papahan. Pohon yang ditanam dalam kegiatan BRI Menanam tersebut yaitu bibit pohon mangga sebanyak 50 bibit.
Acara yang dilaksanakan bertepatan dengan hari Sumpah Pemuda tersebut dibukan oleh sambutan dari Kepala Desa Papahan. Dalam sambutannya beliu mengucapkan terima kasih kepada BRI Unit Papahan yang telah berkerjasama dengan Pemerintahan Desa Papahan dengan memberikan bantuan bibit pohon mangga. Selain itu beliau juga berpesan kepada seluruh Perangkat Desa Papahan dan warga masyarakat agar merawat bibit pohon mangga tersebut hingga besar dan dapat menghasilkan nilai ekonomi yang lebih besar untuk kesejahteraan warga masyarakat sekitar.
BRI menanam merupakan hasil dari kegiatan Lomba Desa Brilian yang diikuti oleh Desa Papahan pada tahun 2021. Dalam sambutannya Kepala BRI Unit Papahan mengharapkan partisipasi seluruh warga masyarakat untuk selalu menyimpan dananya di BRI Unit Papahan.
Harapananya dengan bertepatan Hari Sumpah Pemuda kegiatan tersebut menjadi sejarah bagi Desa Papahan dalam kegiatan menanam dan lingkungan hidup.

ANTUSIAS WARGA MENGHADIRI LAUNCHING POSBINDU PTM NGUDI SEHAT

Launching Posbindu PTM Ngudi sehat di Dusun Pandes Desa Papahan dilaksanakan pada hari Selasa (25/10/2022) dihalaman  rumah bapak Kadus Dusun Pandes. Launching Posbindu PTM tersebut merupakan Posbindu yang ketiga setelah Posbindu di Dusun Kodokan dan Posbindu di Dusun Kalongan Wetan.

Acara Launching yang dihadiri oleh Pemerintah Desa Papahan , BPD dan RT RW di dusun Pandes tersebut dibuka oleh sambutan Bapak Rizki Prasetyo selaku Kepala Dusun Pandes dan Dilanjutkan oleh sambutan Bapak Kepala Desa Papahan.

Dalam sambutannya bahwa Pemerintah Desa Papahan menyambut baik dan selalu mendukung kegiatan di bidang kesehatan, serta mengharapkan untuk semua warga bisa memeriksakan kesehatan di Posbindu yang saat ini di buka.

Posbindu PTM merupakan peran serta masyarakat dalam melakukan kegiatan deteksi dini dan pemantauan faktor risiko PTM Utama yang dilaksanakan secara terpadu, rutin, dan periodik. Tujuan Posbindu PTM adalah meningkatkan peran serta masyarakat dalam pencegahan dan penemuan dini faktor risiko PTM. Melalui Posbindu PTM, dapat sesegeranya dilakukan pencegahan faktor risiko PTM sehingga kejadian PTM di masyarakat dapat ditekan. Sasaran utama adalah kelompok masyarakat sehat, berisiko dan penyandang PTM berusia 15 tahun ke atas.

Warga Dusun Pandes saat itu yang hadir untuk memeriksakan kesehatannya yaitu berdasarkan dari daftar hadir ada 61 warga. Untuk pemeriksaan warga tersebut bermacam-macam ada yang memeriksakan gula darah, kolesterol, asah urat dan ada juga yang hanya untuk mengecek tensi darah. Di akhir acara tersebut Bidan Wilayah Desa Papahan memberikan motivasi kepada warga yang memeriksakan kesehatan di Posbindu Ngudi Sehat. Denga harapan bahwa warga yang hadir di Posbindu Ngudi Sehat yang akan dilaksanakan setiap tanggal 19 akan bertambah banyak.

SURVEY MAWAS DIRI (SMD) PENGGALIAN MASALAH KESEHATAN MASYARAKAT DI DESA PAPAHAN

PAPAHAN – Kegiatan yang difasilitasi oleh Puskesmas Kecamatan merupakan kegiatan untuk menggali permasalahan tentang kesehatan masyarakat. Kegiatan yang sering disebut Survey Mawas Diri (SMD) bertujuan agar masyarakat mengenal, mengumpulkan data, mengkaji masalah kesehatan yang ada di desa dalam rangka menyiapkan desa siaga. Sehingga timbul kesadaran masyarakat untuk mengetahui masalah kesehatan dan potensi yang ada didesanya yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan kesehatan.

SMD dilaksanakan di Aula Kantor Desa Papahan (20/10/2022) Acara yang dibuka oleh Kasi Kesejahteraan yang mewakili Kepala Desa Papahan dan dilanjutkan pemaparan tujuan dan output dari kegiatan SMD oleh perwakilian dari Puskesmas Kecamatan.

Dalam sesi eklporasi permasalahan kesehatan desa banyak muncul permasalahan yang diutarakan oleh ibu-ibu kader Kesehatan. Salah satunnya yaitu permasalahan stunting, gizi buruk dan berat bayi berkurang.

“Setelah eklporasi permasalahan kesehatan masyarakat di dusun, maka setelahnya akan dianalisis dan disimpulkan ke forum Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) yang nantinya akan diusulkan kedalam pembahasan Musrenbangdes tahun berikutnya”, menurut penuturan dari ketua DS3 Teguh Dwi Jayanto.

Dengan adanya SMD tersebut diharapkan masyarakat bisa berperanaktif dalam melaksanakan kegiatan kesehatan masyarakat sehingga masarakat bisa hidup sehat dan sejahtera.

KOORDINASI POSBINDU PTM : PEMERINTAHAN DESA PAPAHAN SIAP LAUNCHING 1 LAGI POSBINDU PTM

PAPAHAN – Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 18 Oktober 2022 bertempat di Aula Kantor Desa Papahan yang dihadiri oleh Sekretaris Desa Papahan, Bidan Wilayah Desa Papahan dan Kader Posbindu Desa Papahan membahas tentang perkembangan Posbindu PTM di Desa Papahan.

Posbindu PTM merupakan peran serta masyarakat dalam melakukan kegiatan deteksi dini dan pemantauan faktor risiko PTM Utama yang dilaksanakan secara terpadu, rutin, dan periodik. Tujuan Posbindu PTM adalah meningkatkan peran serta masyarakat dalam pencegahan dan penemuan dini faktor risiko PTM. Melalui Posbindu PTM, dapat sesegeranya dilakukan pencegahan faktor risiko PTM sehingga kejadian PTM di masyarakat dapat ditekan. Sasaran utama adalah kelompok masyarakat sehat, berisiko dan penyandang PTM berusia 15 tahun ke atas.

Senada dengan hal tersebut maka Pemerintah Desa Papahan mengundang seluruh Kader Posbindu PTM Desa Papahan. Pada pertemuan tersebut membahas tentang perkembangan Posbindu PTM yang sudah terbentuk di Dusun Kodokan dan Dusun Kalongan Wetan. Yang sebelumnya target terbentuknya Posbindu PTM ada 6 Posbindu PTM tetapi pada pertemuan tersebut di sepakati hanya 3 Posbindu PTM. Pada tahun 2022 ini terbentuk Posbindu PTM di Dusun Pandes.

Pertemuan Kader Posbindu PTM tersebut dibuka oleh Sekretaris Desa Papahan, dalam sambutan dan pengarahanya bahwa pada dasarnya Pemerintah Desa Papahan sangat mendukung kegiatan di Bidang Kesehatan khususnya kegiatan Posbindu PTM.

Pada tahun 2022 ini anggaran untuk kegiatan Posbindu PTM yaitu 7.500.000 yang bersumber dari Dana Desa.  Anggaran tersebut digunakan untuk operasional dari 3 Posbindu PTM yang terbentuk dan untuk honor Kader Posbindu. Sedangkan untuk tahun 2023 Pemerintah Desa Papahan masih menganggarkan untuk kegiatan Posbindu PTM yang diambilkan dari Anggaran Dana Desa Tahun Anggaran 2023.

Dengan adanya dukungan dari Pemerintah Desa Papahan bahwa Posbindu yang sudah terbentuk tersebut semakin banyak warga yang memeriksakan dan cek kesehatan di Posbindu PTM. Sehingga kondisi Kesehatan warga masyarakat bisa terpantau dengan adanya kegiatan tersebut.